Home | beritalppm | PENYULUHAN KESEHATAN PERSONAL HYGIENE (CUCI TANGAN PAKAI SABUN) SISWA SEKOLAH DASAR


PENYULUHAN KESEHATAN PERSONAL HYGIENE (CUCI TANGAN PAKAI SABUN) SISWA SEKOLAH DASAR

Rabu, 2016-05-18 - 08:29:36 WIB

Jumlah anak yang besar yakni 30% dari total penduduk Indonesia atau sekitar 73 Juta orang dan usia sekolah merupakan masa keemasan untuk menanamkan nilai- nilai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga berpotensi sebagai agen perubahaan untuk mempromosikan PHBS, baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. 

Sekolah selain berfungsi sebagai tempat pembelajaran juga dapat menjadi ancaman penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Lebih dari itu, usia sekolah bagi anak juga merupakan masa rawan terserang berbagai penyakit.

Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu : Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga yang teratur dan terukur,  memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan, membuang sampah pada tempatnya.

Untuk itu Akademi Kebidanan Karya Bunda Husada bekerjasama dengan sekolah-sekolah dasar dalam rangka melakukan penyuluhan kesehatan, khususnya “Cuci Tangan Pakai Sabun”